Profesi copywriter sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat khususnya di era digital seperti sekarang ini. Cukup banyak perusahaan besar maupun kecil yang membutuhkan profesi ini dengan berbagai tawaran gaji. Sebelum terjun ke dalam profesi ini, yuk cari tahu terlebih dahulu tugas copywriter, definisi, dan skill yang perlu kamu kuasai di bawah ini!
Copywriter adalah orang yang bertanggung jawab untuk menulis salinan yang kreatif dan menarik dari berbagai konten dan media. Namun, copywriter tidak selalu menulis teks yang berhubungan dengan iklan. Oleh karena itu, copywriter terdiri dari beberapa jenis, antara lain copywriter media sosial, copywriter pemasaran, copywriter merek, dan copywriter SEO.
Perbedaan antara copywriter dan penulis konten dapat dilihat pada konten yang dibuat dan tujuan pembuatannya. Tujuan konten yang dibuat oleh copywriter adalah untuk membuat pelanggan membeli produk yang mereka tawarkan. Oleh karena itu, kontennya menarik dan mendorong pemirsa untuk mengambil tindakan tertentu. Misalnya, mengunduh aplikasi, berdonasi, membeli kursus, mengakses tautan, dan lainnya. Konten yang dibuat biasanya lebih pendek dari penulis konten.
Tujuan konten yang dibuat oleh penulis konten adalah untuk membangun hubungan yang lebih dalam dengan pemirsa melalui konten. Isinya dapat berupa teks yang mendidik, menginformasikan, atau menghibur pembaca. Biasanya, konten yang dibuat lebih panjang dan lebih detail. Misalnya artikel di blog Loker Bali ini.
Nah, setelah mengetahui definisi profesi seorang copywriter, sekarang yuk kita ulik apa saja sih tugas mereka? Simak di bawah ini:
Setelah mengetahui tugas copywriter seperti apa, selanjutnya yuk cari tahu skill apa saja yang perlu dimiliki seorang copywriter di bawah ini:
Tugas copywriter yang cukup krusial adalah mampu menulis judul yang dapat menarik cukup banyak pemirsa untuk melihat dan membaca seluruh konten. Oleh karena itu, kemampuan membuat judul yang baik merupakan salah satu hal yang perlu kamu kuasai. Judul yang menarik tidak harus clickbait kok!
Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa tugas copywriter adalah membuat tulisan dengan tujuan pemasaran sesuai dengan kebutuhan brand, skill yang perlu kamu miliki adalah update dengan perkembangan tren yang ada. Dengan cara ini, kamu dapat melihat apa yang sedang hangat orang bicarakan saat ini. Dengan melakukan riset terhadap tren, kamu dapat menyediakan konten dan membuat salinan yang fresh dan up-to-date.
Tentu saja, tugas copywriter, kamu harus bisa menulis teks dalam berbagai format dan media yang berbeda. Karena jenis konten berbeda untuk setiap media, deskripsi konten juga berbeda. Membuat konten iklan di Twitter tentu berbeda dengan Instagram dan Facebook. Hal yang sama berlaku untuk media lain seperti YouTube, TikTok, dan LinkedIn. Tulisan yang dibuat bukanlah tulisan biasa, tetapi tulisan yang mengandung unsur pemasaran dengan tujuan orang memiliki keinginan untuk membeli produk tersebut.
Copywriter juga perlu memiliki pemahaman yang baik tentang kelompok sasaran yang dituju. Semakin baik kamu memahaminya, semakin kamu dapat membuat konten dengan gaya bahasa yang tepat. Ini memungkinkan audiens mengenal merek dan menarik audiens yang baru dan relevan.
Keterampilan komunikasi yang efektif penting untuk semua pekerjaan, termasuk copywriter. Copywriter harus bisa bekerja sama dengan semua pihak. Misalnya, tim kreatif dan desain, tim media sosial, tim periklanan digital, klien, dan pemangku kepentingan lainnya.
Itu dia tadi pembahasan tentang tugas copywriter berikut dengan skill yang perlu dimiliki. Gimana, tertarik menjadi seorang copywriter? Di Loker Bali, kamu dapat menelusuri lowongan pekerjaan yang sedang terbuka sebagai copywriter di Bali. Ada ratusan lowongan kerja lainnya dengan posisi yang beragam, yuk kunjungi website Loker Bali hari ini!