Walk-in Interview: Pengertian dan 7 Tips Menghadapinya

seorang wanita sedang tersenyum bahagia karena sukses menjalani walk-in interview dan mendapatkan tepuk tangan dari para perekrut

Akses Cepat

Selain wawancara online, perusahaan dapat melakukan walk-in interview untuk memilih calon karyawan baru. Tidak seperti wawancara pada biasanya di mana seorang kandidat harus menyerahkan resume dan kemudian menerima panggilan untuk wawancara, walk-in interview memiliki proses yang lebih singkat yakni memungkinkan mereka untuk langsung datang ke tempat wawancara. Nah, apa saja sih yang perlu dipersiapkan dalam mengikuti wawancara kerja ini? Simak selengkapnya di bawah ini!


Walk-in interview adalah..

seorang perekrut dan kandidat sedang melakukan walk-in interview sambil memegang pulpen hitam menggunakan kemeja putih dan dasi hitam

Walk-in interview atau wawancara langsung adalah proses wawancara yang biasanya dilakukan oleh perusahaan untuk perekrutan jangka pendek sekelompok kandidat. Walk-in interview biasanya dilakukan pada perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan dalam jumlah yang besar dan posisi yang beragam.

Perbedaannya dengan wawancara biasa adalah kamu tidak perlu mengirimkan CV/resume atau menjadwalkan waktu wawancara karena perusahaan akan segera memeriksa CV/resume kamu saat itu juga. Lokasi wawancara ini tidak terbatas pada kantor atau perusahaan saja. Ini bisa dilakukan di luar gedung perusahaan seperti di aula, hotel, dan tempat berkapasitas besar lainnya.

Sukseskan walk-in interview kamu dengan mengikuti pelatihan wawancara kerja dari Loker Bali

7 Tips Menghadapi Walk-in Interview

seorang wanita sedang melakukan walk-in interview ke sebuah perusahaan digital marketing agency di bali dengan menggunakan jas berwarna abu-abu dan rambut coklat berkilau

Nah, sekarang sudah paham kan apa itu walk-in interview? Selanjutnya yuk cari tahu apa aja sih tips dalam mengikuti walk-in interview. Simak baik-baik ya tipsnya!

Datang lebih awal ke lokasi

Usahakan untuk datang 20-30 menit lebih awal dari waktu yang ditentukan saat hadir di walk-in interview karena jenis wawancara ini mengharuskan kamu mengantre giliran untuk wawancara. Kamu bisa mengecek rute ke tujuan lokasi wawancara sehari sebelum wawancara agar dapat menentukan jalan dan transportasi yang terbaik.

Baca juga: 9 Tips Memperkenalkan Diri Saat Wawancara Kerja

Menyiapkan berkas lamaran

Hal terpenting yang perlu kamu lakukan saat melakukan walk-in interview adalah membawa berkas lamaran yang dibutuhkan seperti CV/resume, surat lamaran kerja, dan berkas pendukung lainnya seperti KTP, ijazah, dan lain-lain. Usahakan untuk tidak melupakan satu berkaspun dan pastikan semua dokumen dalam folder atau amplop dan dalam kondisi baik.

Menggunakan pakaian yang rapi dan sopan

Tips selanjutnya adalah berpakaian rapi dan sopan saat menghadiri wawancara. Kamu dapat menggunakan kemeja dengan motif yang sederhana dan warna yang tidak terlalu mencolok. Pilihlah pakaian yang nyaman untuk digunakan. Untuk wanita boleh menggunakan riasan tetapi jangan berlebihan. Perhatikan juga tatanan rambut kamu agar tidak terlihat berantakan. Baca tips selengkapnya tentang cara berpakaian saat wawancara di bawah ini:

Baca juga: 9 Tips Pilih Pakaian Wawancara Kerja Agar Disukai HRD

Lakukan riset pada perusahaan

Selanjutnya, kamu perlu meneliti perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Melalui riset ini kamu dapat mempelajari tentang budaya kerjanya, pencapaian, visi misi perusahaan, dan lainnya. Informasi tentang perusahaan biasanya bisa kamu dapatkan dari situs web resmi perusahaan. Kemudian jangan lupa untuk mencari tahu pekerjaan yang kamu lamar. Biasakan dirimu dengan deskripsi pekerjaan, tanggung jawab, keterampilan yang dibutuhkan, kisaran gaji, dan hal lainnya.

Memperhatikan postur dan bahasa tubuh

Bahasa tubuh adalah gerakan yang biasanya dilakukan secara tidak sadar. Gerakan ini meliputi ekspresi wajah, gerakan tubuh, suara, tatapan, dll. Cobalah untuk menggunakan bahasa tubuh yang positif selama wawancara. Contohnya seperti tersenyum pada pewawancara dan melakukan kontak mata yang sopan. Perhatikan postur duduk kamu juga. Melalui postur dan bahasa tubuh yang baik dapat menyampaikan minat pada pekerjaan kamu.

Baca juga: Jangan Ucapkan 5 Kata Ini Saat Negosiasi Gaji!

Mempelajari pertanyaan yang sering diajukan

Untuk dapat menjawab pertanyaan wawancara dengan lancar, jangan lupa untuk mempelajari pertanyaan paling umum yang diajukan oleh perekrut. Kamu dapat membuat daftar semua pertanyaan dan berlatih menjawabnya. Kamu bisa berlatih dengan teman atau di depan cermin. Mempelajari pertanyaan wawancara ini akan memberi kamu cukup waktu untuk mempersiapkan jawaban terbaik.

Menjawab pertanyaan dengan jelas

Menjawab pertanyaan wawancara dengan jelas membantu perekrut memahami latar belakang, pengalaman, dan pencapaian kamu. Kamu juga dapat menunjukkan keterampilan komunikasi yang kamu punya. Penting untuk berlatih menjawab pertanyaan wawancara agar mampu menjawab semua pertanyaan dengan tenang, percaya diri, dan lancar.

Masih bingung harus buat CV yang seperti apa? Serahkan pembuatan CV kamu pada Asisten Pembuat CV dari Loker Bali!


Itu dia tadi penjelasan tentang apa itu walk-in interview dan 7 tips menghadapinya yang semoga bermanfaat dalam menjalani wawancara kerja yang lancar dan sukses. Kamu membutuhkan CV berbahasa Inggris? Terjemahin aja di Loker Bali. Kami menyediakan jasa terjemahan yang bisa membantu kamu dalam menerjemahkan CV/resume. Kunjungi website kami sekarang!

Share it on: