LoginDaftar
guys and girl laughing together talking about work ethic

Etika bekerja adalah sebuah keterampilan yang banyak dicari di setiap industri. Etika ini penting untuk kamu terapkan khususnya di lingkungan kerja. Etika ini akan berdampak positif untuk jenjang karir dan reputasi kamu selama di kantor. Lalu, apa saja sih etika yang perlu kamu kuasai? Loker Bali sudah menyiapkan daftarnya untuk kamu nih! Yuk, simak penjelasan berikut!


Apa itu Etika dalam Kerja?

Etika kerja adalah panduan profesionalisme di dunia kerja dan penting untuk dipahami dalam lingkungan profesional. Etika bekerja juga merupakan panduan tentang cara bertindak, memperlakukan orang lain dengan benar, dan cara terbaik untuk membuat keputusan secara profesional. Oleh karena itu, kamu harus selalu memahami dan menerapkan etika profesi yang tepat agar hubungan kamu selalu terjaga dengan semua orang di tempat kamu kerja.

Apa Manfaat Beretika dalam Bekerja?

Dua perempuan dan seorang laki-laki sedang bergembira dan tertawa karena etika bekerja yang baik menyebabkan mereka bahagia di tempat kerja

Jika seorang karyawan dapat menerapkan etika kerja dengan baik dan benar, maka dampak positifnya akan dirasakan oleh perusahaan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa etika sangat penting dalam lingkungan kerja:

Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab

Dengan menerapkan etika yang profesional, maka rasa tanggung jawab kamu terhadap pekerjaan akan semakin meningkat. Terlebih, hal ini dapat membuat value kamu lebih tinggi di mata rekan-rekan kerja yang lain karena sikap tanggung jawab kamu ini. Atasan juga akan menilai bahwa kamu memiliki kredibilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain.

Dapat Menjaga Profesionalisme

Kamu harus selalu mengingat aturan dan batasan dari etika kerja yang telah ditentukan. Etika dalam bekerja dapat mengurangi kemungkinan munculnya masalah perbedaan atau isu lainnya saat melakukan pekerjaan.

Membuat Lingkungan Kerja Lebih Nyaman

Dengan menerapkan etika saat kamu bekerja, hal ini dapat membuat lingkungan kerja terasa lebih nyaman. Perilaku saling menghormati dan menghargai satu sama lain, serta menjalin koneksi dengan rekan kerja yang lain, maka akan terciptanya produktivitas dan efektivitas di lingkungan kerja.

Peluang untuk Naik Jabatan

Dengan kamu menerapkan etika kerja dengan baik seperti menyelesaikan tugas yang diberikan tepat waktu dan hasil yang memuaskan, maka besar kesempatan kamu untuk dipromosikan atau naik jabatan.

Memiliki Lebih Banyak Values

Ketika kamu memiliki etika di kantor, maka kamu akan cenderung melakukan pekerjaan dengan bersungguh-sungguh dan memiliki hubungan yang kuat dengan rekan kerjamu. Hal tersebut dapat menjadi inspirasi bagi rekan kerjamu untuk ikut melakukan hal positif yang sama.

Bagaimana Cara Membangun Etika Kerja?

Untuk mengembangkan etika bekerja yang kamu miliki, kamu dapat mencobanya dengan cara membangun suasana profesionalisme di antara rekan kerja dan selalu berusaha untuk bersikap profesional dalam keadaan atau situasi apapun.

Dapatkan Admin pribadi untuk bisnis kamu dan mulailah merekrut!

10 Etika Bekerja yang Wajib Kamu Miliki

buku tentang tips kerja memiliki tulisan etika bekerja di dalamnya dengan spidol berwarna merah muda

Setelah mengetahui manfaat memiliki etika dan cara mengembangkannya, di bawah ini Loker Bali telah membuat list 10 keterampilan beretika yang perlu kamu terapkan di lingkungan kerja:

  • Kejujuran
  • Sosialisasi
  • Profesionalisme
  • Teamwork
  • Akuntabilitas
  • Manajemen Waktu
  • Tanggung Wawab
  • Disiplin
  • Well-organized
  • Rendah Hati

Kejujuran

Karyawan yang jujur cenderung akan dihargai oleh atasan mereka di tempat kerja mampu menyelesaikan tugas tepat waktu dan dengan kualitas yang sangat baik. Menjadi jujur akan sangat membantu kamu ketika memberikan atau menerima feedback bahkan saat melakukan brainstorming dengan tim kamu. Kamu juga akan disenangi oleh banyak orang karena sifat kejujuran yang kamu miliki.

Sosialisasi

Pentingnya memiliki kemampuan bersosialisasi adalah memudahkan kamu untuk terhubung dengan siapa pun di tempat kerja. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memperluas jaringan pertemanan dan memiliki banyak teman.

Profesionalisme

Sebagai karyawan, menjaga profesionalisme sangat dibutuhkan di lingkungan kerja. Untuk memiliki keterampilan ini, kamu harus dapat mengekspresikan sikap profesional dengan jelas seperti dengan menggunakan pakaian yang rapi dan sopan saat di tempat kerja atau saat kamu berbicara dengan rekan kerja atau atasan.

Teamwork

Kamu harus memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ini penting untuk bisa beradaptasi dan berbaur dengan siapapun di tempat kamu bekerja. Etika bekerja yang satu ini mengajarkan kamu untuk bisa menyelesaikan suatu tugas dengan kerjasama tim yang baik.

Akuntabilitas

Memiliki keterampilan akuntabilitas akan membuat kamu menjadi orang yang dapat diandalkan di tempat kerja. Ini berarti, orang lain dapat mengandalkan kamu dalam hal penyelesaian tugas atau proyek dan hal lainnya.

Manajemen Waktu

Di dunia profesional, kamu mungkin akan bertemu dengan banyak deadline dan mengharuskan kamu untuk bekerja di bawah tekanan. Dengan skill manajemen waktu ini, kamu akan lebih mudah dalam mengatur waktu dan menjadwalkan segala tugas sesuai dengan tenggatnya masing-masing. Hal ini dapat menghindarkan kamu dari keteledoran yang tidak berarti.

Tanggung jawab

Kamu harus menjadi orang yang bertanggung jawab. Di dalam dunia kerja, setiap keputusan pasti memiliki plus dan minus. Apapun keputusan yang kamu buat, kamu harus selalu bisa mempertanggung jawabkannya.

Disiplin

Untuk menjadi orang yang disiplin, kamu harus mampu mengatur waktu dengan baik. Sikap disiplin sangat perlu kamu terapkan di lingkungan kerja karena hal ini dapat menunjukkan bahwa kamu menghargai waktu orang lain.

Well-organized

Menjadi seseorang yang well-organized tidak semua orang bisa melakukannya. Sikap ini dapat kamu tunjukkan dengan menata rapi meja kerja kamu dan selalu menjaganya tetap bersih.

Rendah Hati

Menjadi rendah hati juga perlu diterapkan di sebuah lingkungan kerja. Dengan kamu rendah hati kepada orang lain, maka kamu akan senantiasa disenangi oleh rekan kerja bahkan atasan serta memiliki banyak teman.

Cara Untuk Menunjukkan Etika Kerja

sekumpulan pekerja kantoran sedang senyum bahagia menghadap kamera sembari mengancungkan jempol menunjukkan etika bekerja yang baik

Kamu dapat mendedikasikan diri untuk menunjukkan etika bekerja kamu dengan bertindak secara profesional di tempat kerja. Loker Bali membantumu cara bagaimana menunjukkan etika di lingkungan kerja:

Berpakaianlah dengan benar

Jangan sepelekan masalah penampilan di tempat kerja. Kamu perlu menyesuaikan diri dengan dresscode berdasarkan perusahaan jenis apa tempat kamu bekerja. Dengan kamu berpakaian rapi dan sopan, nilai profesionalisme kamu akan naik dan kamu akan lebih enak untuk dipandang.

Jauhkan segala bentuk gangguan

Akan sangat membantu jika kamu dapat menyingkirkan hal-hal yang mungkin menjadi sebuah gangguan. Misalnya, kamu dapat meletakkan smartphone di dalam laci meja kerja atau di dalam tas. Dengan cara ini, kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien tanpa ada gangguan yang berarti.

Jaga kerapian dan kebersihan

Sempatkan untuk merapikan benda-benda yang kamu miliki di atas meja kerja. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam menjaga fokus dan akan terasa lebih nyaman. Jangan sisakan sampah kemasan apapun di atas meja karena hal ini akan sangat mengganggu.

Bersungguh-sungguh dengan apa yang dikerjakan

Dalam melakukan suatu pekerjaan, alangkah baiknya jika dikerjakan dengan rasa sungguh-sungguh. Hal ini dapat membuat kamu lebih menikmati hal yang sedang dikerjakan. Lakukan aktivitas yang membuat kamu merasa nyaman dan senang saat melakukannya.

Gunakan waktu dengan bijak

Untuk menunjukkan sikap disiplin kamu di tempat kerja, selesaikanlah tugasmu tepat waktu atau sebelum jatuh tempo. Dengan kamu menggunakan waktu dengan bijak, kehidupan di tempat kerja akan lebih tertata dan kamu tidak akan terburu-buru oleh sesuatu.

Waktu untuk beristirahat

Untuk memaksimalkan kinerja dan performa kamu di tempat kerja, mengambil hari libur bukan sebuah masalah besar. Dalam etika bekerja, cuti biasa dilakukan untuk keperluan-keperluan tertentu. Hal ini cukup penting dilakukan untuk menyeimbangkan work balance kamu.


Semoga informasi mengenai 10 etika bekerja di atas bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam memberikan performa yang terbaik di tempat kamu bekerja. Jika kamu membutuhkan mentor atau konsultan, Loker Bali menyediakan layanan Private Consulting yang dapat membantu kamu dalam urusan pekerjaan. Kunjungi Loker Bali untuk informasi lebih lanjut!

Related Post
Dapatkan Notifikasi Lowongan Pekerjaan Terbaru
Platform paling canggih dan ramah pengguna untuk peluang kerja di Bali.
Hubungi Kami
Pulau Komodo I No. 4, Dauh Puri Klod, Denpasar Barat, Bali, 80114, Indonesia
Setiap Hari 09.00 am - 17.00 pm
+62 813 37558751
info@loker-bali.id
Tautan Cepat
Informasi
Dukungan
2021. Loker-Bali oleh SATUVISION
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram
This site is registered on wpml.org as a development site.