LoginDaftar
a woman holding a big box because making mistakes at work

Terkadang tanpa disadari, kita beberapa kali melakukan kesalahan di tempat kerja. Kesalahan yang dibuat biasanya beragam mulai dari yang sepele sampai yang cukup serius. Nah, kebanyakan dari kita bingung apa yang harus dilakukan untuk menangani kesalahan-kesalahan tersebut. Pada artikel ini Loker Bali akan membahas apa saja kesalahan umum yang biasa terjadi di tempat kerja dan bagaimana cara mengatasinya. Yuk, kita simak bersama!


seorang wanita memegang kertas karena melakukan kesalahan di tempat kerja

Bekerja secara berlebihan

Setiap orang pasti ingin mengerahkan performa yang maksimal dalam bekerja demi hasil yang memuaskan. Namun, terkadang tanpa disadari kita menguras tenaga kita secara berlebihan sampai lupa memberikan badan kita waktu untuk beristirahat. Bekerja secara berlebihan bukannya memberikan kepuasan tetapi justru dapat membuat setres yang menyebabkan performa semakin buruk dan menurun. Hal yang bisa kamu lakukan bekerja cerdas, yang artinya tahu kapan harus bekerja dan kapan waktu untuk beristirahat.

Kurang tidur

Kebanyakan orang berpikir tidur itu tanda kita tidak produktif. Namun pada kenyataannya, tidur membantu kita untuk dapat berpikir lebih jernih dan tetap fokus dalam melakukan pekerjaan. Selain itu, tidur dapat memperkuat memori, mempersiapkan mental untuk pekerjaan yang mendatang, serta dapat mengatur metabolisme tubuh agar tetap stabil dan sehat. Berhenti begadang dan tidurlah dengan cukup demi performa kerja yang baik.

Jarang melakukan komunikasi

Komunikasi merupakan hal utama dalam melakukan segala aktivitas terutama saat kita bekerja. Dengan kita melakukan komunikasi yang baik dengan rekan sesama tim atau atasan di tempat kerja, maka pekerjaan akan senantiasa berjalan lancar dan terhindar dari miss communication yang dapat menyebabkan kegagalan atau kesalahpahaman diantara rekan kerja. Hal yang bisa kamu lakukan adalah rutin memberikan kabar mengenai progress pekerjaan kamu secara rinci kepada atasan atau rekan kerja kamu.

Baca juga: 5 Diskriminasi di Tempat Kerja yang Paling Banyak Terjadi

Tidak dapat mengatur intonasi suara

Terkadang kita melakukan kesalahan di tempat kerja dengan secara tidak sengaja menaikkan intonasi suara saat berbicara dengan rekan kerja atau bahkan atasan kita. Hal ini cukup umum terjadi karena didasari faktor lelah karena bekerja seharian atau mengerjakan tugas yang cukup menguras pikiran dan tenaga sehingga membuat mood kita menjadi mudah marah. Jangan panik dan langsung akui kesalahan dengan meminta maaf kepada mereka jika kamu merasa telah melukai hati mereka karena berbicara dengan intonasi yang tinggi secara tidak sengaja.

Tidak menyiapkan diri untuk rapat

Terkadang kita melakukan kesalahan di tempat kerja karena tidak menyiapkan diri dengan baik untuk menghadiri sebuah rapat. Contoh misalnya kamu belum menyiapkan catatan progress kerja kamu sehingga saat giliranmu menyampaikan progress, kamu menjawabnya dengan terbata-bata dan tidak dapat menyampaikan secara rinci dan jelas. Hal ini mungkin terlihat sepele, tetapi akan sangat berpengaruh dalam profesionalisme kamu dalam bekerja. Biasakan untuk selalu bersiap dengan telah menulis progress dan kendala yang kamu miliki sebelum jadwal rapat dimulai ya!

Tidak murah senyum

Ada pepatah yang bilang kalau senyum itu adalah ibadah. Walaupun terkadang memang mood tidak bisa dibohongi dan sulit untuk menutupinya jika kita tidak dalam keadaan mood yang bagus. Namun, cobalah untuk perbanyak senyum di tempat kerja contohnya saat menyapa atau mengobrol dengan rekan atau atasan kamu. Dengan kita murah senyum maka akan dapat membuat orang lebih nyaman berada di dekat kita dan kita akan selalu menyebarkan aura yang positif.

DOWNLOAD TEMPLATE CV GRATIS

Memainkan handphone secara berlebihan

Hal yang dapat membuat kita melakukan kesalahan di tempat kerja selanjutnya adalah menggunakan hp sampai lupa waktu. Sebenarnya memainkan hp kita saat jam kerja diperbolehkan saja namun dengan seperlunya. Jika kamu masih memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan, maka alangkah lebih baik untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut terlebih dahulu daripada kamu selalu mengecek hp setiap beberapa menit.

Menggunakan pakaian yang kurang pantas

Tidak penting di perusahaan mana kamu bekerja, berpakaian rapi dan sopan akan menunjukkan sisi profesionalisme kamu lebih baik. Kamu akan dipandang memiliki atitut dan nilai yang tinggi. Sehingga penting untuk memikirkan pakaian yang kamu gunakan saat bekerja. Walaupun perusahaan kamu tidak memasang peraturan khusus dalam berpakaian, alangkah lebih baik jika kamu tetap memperhatikan penampilan dengan berpakaian rapi dan sopan.

Bermain games saat jam kerja

Hal yang mungkin membuatmu melakukan kesalahan di tempat kerja berikutnya adalah memainkan games saat masih jam kerja. Kesalahan ini mungkin saja terjadi karena kamu sudah menyelesaikan pekerjaan di hari itu dan memilih untuk bermain games untuk menghabiskan waktu luang. Dibandingkan dengan bermain games, akan lebih baik jika kamu menyicil pekerjaan untuk hari atau minggu berikutnya. Karena bermain games akan dapat memunculkan prasangka negatif dari orang-orang sekitarmu karena melihatmu bermain games di jam kerja.

Malas mencatat

Bagi kamu yang mudah lupa, maka akan cukup sering melakukan kesalahan di tempat kerja. Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu setiap hari untuk mencatat setiap hal penting di sebuah note yang mudah kamu bawa kemana-mana. Hal kecil ini akan membantumu untuk selalu ingat dan update akan tugas, deadline, atau jadwal rapat mendatang. Kamu akan sangat terbantu jika melakukan hal kecil ini lho!

Baca juga: 9 Tips Membangun Kepercayaan di Tempat Kerja

Terlalu banyak protes

Terlalu banyak protes masalah pekerjaan di tempat kerja hanya akan membuatmu terlihat seperti tidak memiliki martabat dan harga diri. Orang sekitar kita yang mendengarnya juga akan merasa risih dan terganggu. Cobalah untuk selalu bersyukur dan mencari hikmah dari setiap pekerjaan yang diamanahkan kepadamu daripada hanya melihat sisi buruk dan negatifnya.

Bermuka dua

Dunia kerja adalah realita hidup yang sebenarnya. Kamu dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jika kamu ingin memulai drama dengan menjadi orang yang bermuka dua, maka ini bukanlah tempatnya. Orang-orang tidak akan memiliki rasa hormat kepadamu dan kamu akan dijauhi oleh para rekan kerja lainnya. Maka, jadilah dirimu yang sesungguhnya dan bertemanlah dengan siapa saja tanpa memilih-milih.

Basa-basi di tempat yang tidak seharusnya

Dalam menulis email kepada rekan kerja atau atasan, mungkin kamu memiliki banyak hal untuk dikatakan. Hindarilah hal ini karena kamu hanya akan terlihat seperti bertele-tele dalam menyampaikan sesuatu dan kurang terlihat profesional. Tulislah pesan dibawah 300 kata dan langsung kepada intinya. Penerima juga akan lebih senang karena kamu menghargai waktu mereka dan akan benar-benar membacanya.


Demikianlah kesalahan di tempat kerja yang cukup umum untuk terjadi. Melakukan kesalahan di tempat kerja adalah bukan akhir dari segalanya. Kuncinya adalah jangan panik dan akui kesalahan dengan meminta maaf dengan segera. Ingin tahu tips-tips kerja lainnya? Yuk, kunjungi website Loker Bali di sini!

Related Post
Dapatkan Notifikasi Lowongan Pekerjaan Terbaru
Platform paling canggih dan ramah pengguna untuk peluang kerja di Bali.
Hubungi Kami
Pulau Komodo I No. 4, Dauh Puri Klod, Denpasar Barat, Bali, 80114, Indonesia
Setiap Hari 09.00 am - 17.00 pm
+62 813 37558751
info@loker-bali.id
Tautan Cepat
Informasi
Dukungan
2021. Loker-Bali oleh SATUVISION
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram
This site is registered on wpml.org as a development site.