LoginDaftar
a woman wearing a formal black suit is sitting in her office with her friends to discuss how to building trust

Membangun kepercayaan sangat penting untuk sebuah tim baik yang bekerja dari kantor maupun yang dari jarak jauh. Tanpa adanya kepercayaan, maka dapat menyebabkan karyawan kurang memiliki motivasi dan produktivitasnya berkurang. Perusahaan yang memiliki kepercayaan yang tinggi sesama karyawannya akan senantiasa memiliki performa dan produktivitas kerja yang tinggi dibandingkan dengan yang tidak. Maka dari itu, Loker Bali telah menyiapkan 9 tips yang bisa kamu terapkan untuk membangun kepercayaan di dalam tim tempat kerja. 


Kenapa kepercayaan di tempat kerja itu penting?

seorang pria dengan ketiga temannya sedang berkumpul di sebuah cafe untuk membicarakan apakah membangun kepercayaan di tempat kerja itu penting

Kepercayaan di tempat kerja menandakan karyawan menikmati budaya kejujuran, keamanan psikologis, dan sikap saling menghormati. Mereka memiliki rasa bangga terhadap tempat mereka bekerja dan memiliki keinginan untuk memajukan perusahaan. Membangun kepercayaan di tempat kerja juga dapat membantu karyawan merasa aman dan nyaman dalam pekerjaan mereka dan menghindari terjadinya karyawan yang mengundurkan diri. 

Dengan membangun kepercayaan di tempat kerja, juga dapat membangun toleransi melalui budaya yang beragam di mana karyawan akan merasakan rasa saling memiliki dan lebih terhubung satu sama lain dengan tim mereka.

Kepercayaan juga membantu menciptakan lingkungan psikologis yang positif di mana anggota tim akan merasa lebih nyaman dalam mengajukan pertanyaan, berbagi ide, dan mengekspresikan pemikiran mereka.

Baca juga: 5 Diskriminasi di Tempat Kerja yang Paling Banyak Terjadi

Bagaimana cara membangun kepercayaan di tempat kerja?

seorang wanita sedang diberi apresiasi oleh rekan kerjanya karena berhasil membangun kepercayaan di tempat kerja

Berikut adalah 9 tips terbaik untuk membangun kepercayaan di tempat kerja:

Bersikap jujur dan suportif

Mengatakan hal yang sebenarnya adalah langkah yang terbaik walaupun sulit dan memiliki kenyataan yang pahit. Penting untuk memberi tahu karyawan mengenai hal yang ingin mereka dengar–khususnya saat di masa-masa sulit. Dengan kamu perhatian kepada karyawan dan senantiasa memberikan mereka dukungan positif, maka hal ini dapat membangun kepercayaan karyawan terhadapmu. Jika kamu sekali tidak berkata atau bersikap jujur kepada para karyawan kamu, maka saat kebenaran terungkap, karyawan akan hilang hormat dan kepercayaan terhadapmu.

Menunjukkan apresiasi

Jika kamu berpikir, karyawan mendapatkan gaji sebagai tanda apresiasi adalah cukup, maka kamu keliru. Penting untuk memberikan mereka apresiasi secara langsung untuk membuat mereka merasa dihargai dan mampu membuat mereka percaya kepada kamu. Kamu dapat memberikan apresiasi melalui pesan tanda terima kasih, pujian melalui verbal, atau memberikan bonus. Jika kamu rutin melakukan hal ini setiap hari kepada para karyawanmu, maka akan dapat membangun kepercayaan antara kamu dan mereka serta membantu mereka secara emosional untuk selalu merasa dihargai atas pekerjaan yang telah mereka lakukan.

Bersedia mendengarkan aspirasi

Sebagai pemimpin yang baik dan bijaksana, kamu harus mau mendengar aspirasi dari para karyawanmu. Hal ini sangatlah mudah untuk dilakukan cukup dengan menanyakan kepada mereka mengenai “hambatan apa yang kamu hadapi selama bekerja?” atau “bagaimana cara kami agar bisa membantumu?”. Langkah ini sangatlah berarti bagi karyawan kamu dan dengan begitu kamu akan dapat membangun kepercayaan dengan mereka. Mereka akan dapat percaya kepadamu karena sikapmu yang perhatian dan mau mendengarkan aspirasi mereka. 

Lebih banyak mendengarkan daripada berbicara

Karyawan di sebuah perusahaan tentu memiliki karakteristik individu yang berbeda-beda khususnya dalam menyalurkan ide atau mengutarakan pendapat mereka. Hal lainnya yang bisa kamu lakukan untuk dapat membangun kepercayaan adalah bertanya kepada mereka tentang apa yang sedang ada di benak dan pikiran mereka, kapan mereka akan melakukannya, dan dengarkanlah dengan seksama. Ini akan membantumu dalam membangun hubungan yang positif di dalam ruang lingkup pekerjaan serta terjadinya pemahaman antara dua belah pihak dan munculnya rasa percaya. 

Menepati janji

Dengan kamu selalu menepati terhadap hal yang telah kamu ucapkan, kamu akan dapat membangun kepercayaan di tempat kerja kamu. Menepati janji harus dapat menjadi kebiasaan dalam keseharianmu terlebih jika kamu berada di lingkungan kerja.

Memberikan pelatihan

Daripada bertindak “bossy”, alangkah lebih baiknya jika kamu mampu mengayomi para karyawan salah satunya dengan memberikan pelatihan kepada mereka terlebih jika mereka dalam kesulitan mengerjakan sesuatu. Jika kamu mampu melatih karyawanmu dan mampu mencapai ekspektasi mereka, maka kamu akan dapat dipercaya oleh karyawanmu dan mendengarkan masukan yang kamu berikan.

Menjadi konsisten

Jika kamu ingin membangun kepercayaan di tempat kerjamu, maka kamu harus mampu menjadi pribadi yang konsisten. Jika kamu ingin karyawanmu datang awal waktu atau mengetahui client dengan baik luar dan dalam, maka kamu harus mampu melakukan hal yang sama. Memimpinlah dari sebuah contoh kebiasaan kecil yang nantinya bisa memotivasi mereka untuk melakukan hal yang sama dan tentunya dapat dipercaya.

Fokus pada komunikasi non verbal dan soft skills

Komunikasi non verbal tidak kalah pentingnya dengan komunikasi verbal. Komunikasi non verbal dan soft skills seperti atitut dan kebiasaan adalah hal yang cukup krusial. Ciptakan suasana yang nyaman dan positif setiap kali karyawan menghampirimu. Penting untuk selalu bersikap sabar dan berbicara dari hati. Semakin nyaman tim berada di sekitarmu, maka berarti semakin percaya mereka kepadamu.

Mendukung toleransi

Membangun toleransi antar sesama budaya dan umat beragama di tempat kerja adalah kunci untuk membangun kepercayaan di sebuah perusahaan. Dengan kamu tidak membeda-bedakan siapapun dan tidak pilih kasih, maka karyawan akan senantiasa percaya kepadamu karena sikap toleransi yang kamu miliki.

Baca juga: 9 Tips Membangun Networking di Tempat Kerja

Mulai membangun kepercayaan kepada karyawan

seorang wanita berambut kribo sedang duduk menghadap ke laptop berwarna putih sembari tersenyum lebar dan ketiga teman lainnya di kantor karena membangun kepercayaan

Dua cara paling efektif untuk memperkuat kepercayaan dengan karyawan kamu adalah dengan mengambil tindakan segera atas umpan balik karyawan dan senantiasa memberikan kata-kata apresiasi kepada mereka setiap hari. Ada beberapa hal yang akan lebih berarti bagi karyawan daripada kamu hanya melihat masalah-masalah yang kurang penting dan lebih memfokuskan pada kerja keras yang mereka lakukan.

TEMUKAN LOWONGAN KERJA DI BALI 2022


Membangun kepercayaan membutuhkan banyak kerja keras dan ketika kepercayaan itu hilang, maka hampir tidak mungkin untuk dapat kepercayaan kembali. Semoga 9 tips membangun kepercayaan di tempat kerja di atas membantu kamu untuk menjadi sosok pemimpin yang disegani dan dapat dipercaya oleh karyawanmu. Melalui Pelatihan Kerja di Loker Bali kamu akan mendapatkan pelatihan mengenai karir dan persiapan kerja lannya. Hubungi kami sekarang!

Related Post
Dapatkan Notifikasi Lowongan Pekerjaan Terbaru
Platform paling canggih dan ramah pengguna untuk peluang kerja di Bali.
Hubungi Kami
Pulau Komodo I No. 4, Dauh Puri Klod, Denpasar Barat, Bali, 80114, Indonesia
Setiap Hari 09.00 am - 17.00 pm
+62 813 37558751
info@loker-bali.id
Tautan Cepat
Informasi
Dukungan
2021. Loker-Bali oleh SATUVISION
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram
This site is registered on wpml.org as a development site.