5 Kerja Part Time Untuk Mahasiswa yang Bisa Hasilkan Banyak Cuan

barista wanita dan barista pria sedang bekerja di sebuah cafe sebagai salah satu ide kerja part time untuk mahasiswa

Akses Cepat

Pekerjaan part time adalah salah satu pekerjaan paling populer di kalangan mahasiswa atau siapa saja yang membutuhkan uang tambahan. Sekarang ada banyak usaha kecil dan tempat kerja membuka posisi part time tersebar di portal lowongan kerja atau media sosial. Yuk simak bareng-bareng penjelasan apa itu kerja part time dan 5 ide kerja part time untuk mahasiswa yang bisa kamu coba nantinya!


Kerja part time adalah…?

seorang pria memakai kemeja kotak-kotak warna biru putih dan sedang memegang jam menunjukkan pukul sepuluh dan menunjuk ke arahnya berisi tulisan ide kerja part time untuk mahasiswa

Pekerjaan part time atau paruh waktu adalah jenis pekerjaan yang membutuhkan jam kerja lebih sedikit daripada pekerjaan full time atau penuh waktu. Jika pekerja penuh waktu bekerja 40 jam seminggu, pekerja paruh waktu memiliki durasi waktu yang lebih sedikit. Selain jam kerja yang berbeda, pekerjaan part time biasanya hanya bersifat sementara sesuai kebutuhan perusahaan.

Pekerjaan paruh waktu biasanya dilakukan dalam shift. Namun, berbeda dari pekerja shift karena mereka biasanya bekerja delapan jam sehari sedangkan pekerja part time lebih sedikit dari itu. Upah yang kamu terima biasanya dibayarkan setelah pekerjaan selesai, dibayar bulanan dengan tarif harian nominal, atau dibayar untuk semua pekerjaan yang dilakukan dan diakumulasikan.

Baca juga: 9 Tips Memperkenalkan Diri Saat Wawancara Kerja

Apa aja sih keuntungan kerja part time?

dua orang wanita sedang tidur di atas rumput sambil main hp dan membaca buku tentang ide kerja part time untuk mahasiswa

Setelah mengetahui apa itu kerja part time, sekarang Loker Bali akan menjabarkan apa aja sih keuntungan melakukan kerja part time untuk mahasiswa? Cek langsung di bawah ini:

Membangun networking

Bekerja part time berarti kamu secara tidak langsung membangun hubungan dengan pemilik bisnis, senior, dan rekan kerja lainnya. Ingatlah untuk selalu membangun hubungan yang positif. Dari terbangunnya networking ini akan berguna bagi kamu ke depannya dalam menitih karir.

Baca juga: Jangan Ucapkan 5 Kata Ini Saat Negosiasi Gaji!

Melatih hard skill dan soft skill

Tentu saja, melakukan pekerjaan paruh waktu akan memungkinkan kamu mempelajari banyak hal baru dan keterampilan baru. Misalnya, kamu dapat bekerja paruh waktu sebagai barista dan mempelajari teknik seperti menyeduh kopi, membuat latte art, melayani pelanggan, dan menggiling biji kopi. Pada dasarnya, setiap pekerjaan paruh waktu memungkinkan kamu untuk belajar dan meningkatkan berbagai keterampilan yang mungkin berguna di masa depan. Baik memulai bisnis atau menjadi karyawan tetap.

Menambah pengalaman di dunia kerja

Mahasiswa mungkin belum familiar dengan dunia kerja. Dengan bekerja paruh waktu kamu dapat belajar tentang dunia kerja dan mendapatkan pengalaman berharga untuk dimasukkan ke dalam resume/CV kamu. Kamu juga akan belajar mengatur waktu agar bisa belajar dan bekerja dalam waktu yang bersamaan.

Baca juga: 7 Tips Manajemen Waktu Saat Work From Office (WFO)

Menambah uang jajan

Keuntungan lainnya dari kerja part time untuk mahasiswa adalah dapat menambah uang saku kamu. Walaupun bayaran kerja part time tidak setinggi kerja full time, namun sudah cukup untuk sekedar tambah-tambah uang belanja, bukankah begitu?

Sebelum lamar kerja, download template CV gratis di Loker Bali dulu yuk!

Ini dia 5 kerja part time untuk mahasiswa yang bisa kamu coba

seorang wanita berprofesi sebagai kasir part time merupakan salah satu ide kerja part time untuk mahasiswa

Wah, ternyata kerja part time punya cukup banyak keuntungan ya! Nah, sekarang apa aja sih 7 ide kerja part time untuk mahasiswa? Lihat selengkapnya di bawah ini:

Barista

Pekerjaan sebagai barista cukup banyak peminatnya, baik full time atau part time. Mengingat sekarang sedang menjamur kafe-kafe baru yang bermunculan. Tak heran cukup banyak juga lowongan pekerjaan dengan posisi barista yang terbuka. Kamu tidak harus pandai membuat kopi atau latte art untuk melamar pekerjaan ini. Biasanya, kamu akan diajari oleh atasan atau senior di tempat kerja. Dari kafe pinggir jalan hingga kafe di mal, ada banyak pekerjaan part time yang bisa kamu lamar. Bagi kamu pecinta kopi mungkin bisa coba part time sebagai barista.

Baca juga: 9 Hal yang Wajib Dilakukan Sebagai Karyawan Magang

Fotografer

Pekerjaan paruh waktu sebagai fotografer sangat cocok bagi kamu yang memiliki hobi atau keterampilan fotografi. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan sebagai fotografer ini untuk kebutuhan acara pernikahan, tunangan, ulang tahun dan acara penting lainnya. Acara ini biasanya diadakan pada akhir pekan atau hari libur nasional, sehingga tidak terlalu berdampak pada jadwal kuliah atau universitas.

Content Writer

Ide kerja part time untuk mahasiswa lainnya yang bisa kamu coba adalah sebagai content writer atau penulis konten. Bagi kamu yang suka menulis atau memiliki ketertarikan dengan penulisan blog atau media sosial, bisa coba part time sebagai content writer. Pekerjaan ini juga memiliki waktu yang fleksibel karena bisa dilakukan dari jarak jauh. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir dengan waktu kuliahmu.

Baca juga: Waspada! 7 Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu yang Menjebak

Kasir

Kamu juga dapat melakukan pekerjaan paruh waktu sebagai kasir. Untuk jenis pekerjaan ini kamu dapat cukup mudah untuk menemukannya karena hampir di setiap bisnis pasti memiliki posisi sebagai kasir. Contohnya seperti di toko buku, toko kelontong, kedai kopi, restoran, dan lain-lain. Untuk menjadi kasir, kamu harus ramah dan mampu membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Penerjemah

Nah, bagi kamu yang memiliki skill bahasa asing yang baik contohnya Bahasa Inggris atau bahasa lainnya, bekerja part time sebagai penerjemah bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu dapat menemukan banyak lowongan penerjemah paruh waktu di berbagai portal pekerjaan. Pekerjaan ini juga fleksibel sehingga kamu bisa melakukannya dari mana saja.

Baca juga: 5 Tips Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja (Gratis Template)

Cara mendapatkan pekerjaan part time yakni dengan…?

seorang pria sedang membuka laptop dan mencari ide kerja part time untuk mahasiswa di portal lowongan kerja online

Tanya teman/keluarga

Kamu juga dapat bertanya kepada teman atau keluarga tentang posisi pekerjaan paruh waktu. Mereka mungkin memiliki informasi, atau mereka mungkin merekomendasikan pekerjaan di tempat yang sama.

Ikuti media sosial penyedia lowongan kerja

Sekarang ada banyak akun media sosial yang menawarkan berbagai peluang kerja dengan berbagai pilihan jenis pekerjaan seperti full time, part time, magang, dan lain-lain. Ada banyak kesempatan kerja part time untuk mahasiswa di sana.

Baca juga: 6 Cara Menolak Lamaran Kerja Dengan Profesional dan Sopan

Cari di portal lowongan kerja online

Selain media sosial, kamu dapat mendaftar di beberapa platform lowongan kerja terpercaya yang menawarkan kategori pekerjaan part time. Kamu juga dapat memilih untuk bekerja dari rumah sehingga dapat lebih fleksibel.

Temukan lowongan kerja part time terkini dan terlengkap 2022!


Itulah tadi 5 ide kerja part time untuk mahasiswa yang bisa kamu coba. Gunakan kesempatan ini untuk memperluas pengalaman kerja, keterampilan, dan portofolio kamu. Ingin mengetahui lebih banyak mengenai tips sukses kerja lainnya? Kunjungi blog Loker Bali sekarang juga!

Share it on: